Friday, December 7, 2012

Wang of Balenciaga


Beberapa minggu lalu, sebuah berita bikin syok Aga dapetin waktu mba Baby, Ed in chief Aga masuk kantor dan bilang "Ga, tweet gih... Nicholas Ghesqueire udah gak di Balenciaga" and yes that was a sudden attack.
pasalnya desainer yang udah 15 tahun di rumah mode kenamaan Prancis milik mendiang Christobal Balenciaga ini adalah salah satu desainer favorit Aga, dan sang Creative Director-nya, Nicholas Ghesquiere merupakan orang yang membuat Aga suka dengan lini ini. Ghesquiere adalah segelintir desainer garda depan yang bisa menciptakan modern cutting dengan sempurna melalui karya-karyanya. Aga yakin kayaknya ni orang suka banget ama Star Wars, Star Trek atau science fiction yang lainnya. soalnya setiap desainnya selalu identik dengan alien-ish atau motif-motif gak lazim yang Aga sendiri kadang bingung, "polanya mau dibuat kemana?" atau "ini gambar apa?" dll. dilain hal, beberapa karyanya masuk dalam sebuah look modern yang jauh dari kesan klasik. Ghesquiere selalu menciptakan bentuk baru, edgy, provokatif dengan potongan yang tidak lazim. hal itu mungkin karena sang mentor yang hobi dengan potongan tidak lazim juga sepertinya (doi sempet berguru ama Jean Paul Gaultier.... explain a lot) sempet sedih dan parno saat kabar tersebut berhembus. takut aja kalo tiba-tiba Balenciaga dengan posisi kosong jadi kayak label Christian Dior yang mengharuskan Bill Gayten naik tahta dari Galliano tahun lalu. Bukan nya tidak bagus, tapi blom ada yang tau juga kan asisten Ghesquiere kayak apa desainnya. since i love his work on the name of Balenciaga, sedikit pesimis kalo lini ini bakal "down grade" sampai adanya sang Captain yang mengisi posisi dengan kapabilitas tinggi yang dimiliki oleh Ghesquiere.

http://oystermag.com/sites/default/files/imagecache/article-image-650x580/images/Nic.jpg










Nicholas Ghesquiere, desainer modernalis Balenciaga (1997-2012)

 http://timestylelife.files.wordpress.com/2012/11/balenciaga.jpg?w=720&h=480&crop=1
Balenciaga Spring Summer 2013

babak baru kaget-kagetan gak berhenti lama, selang waktu beberapa minggu saja (one to exact) berita mengejutkan lainnya datang saat tiba-tiba sebuah email newsletter masuk di inbox Aga.

"Alexander Wang are official for Balenciaga"

yup, Asian dream boy, Alexander Wang, desainer asia base New York yang kalo kita lihat termasuk desainer dengan garis edgy cukup kental dan highly provocative dalam setiap koleksinya menjadi Captain Balenciaga setelah sebelumnya cukup ramai banget orang-orang membicarakan Christopher Kane of Versus 

http://www.benjaminkanarekblog.com/wp-content/uploads/2011/04/Alexander-Wang-backstage-with-models-by-Betty-Sze.jpg
Alexander Wang and models on Backstage of his show.

prediksi desainer New York yang terkenal akan gaya yang super ready to wear jarang yang menempati kursi kepemimpinan kreatif dalam sebuah rumah mode tampaknya sedikit banyak berubah. Wang memang memiliki gaya desain yang modern dan sedikit mirip mengalir serupa dengan Ghesquiere. Namun gaya akan edgy-ness Wang dan Ghesquiere sangatlah tidak sama. Yang satu highly gloss sedangkan yang satu fiction fan. masuknya Alexander Wang kedalam rumah mode yang memiliki signature item Motorcylce bag ini mungkin bisa menjadi sebuah evolusi baru dalam mode. Gaya Wang yang aktif dan penuh energi dalam beberapa koleksinya mungkin bisa menjadi sebuah vitamin baru dari Balenciaga yang memang sudah memberikan angin evolusioner bagi gaya mode dunia selama ini. Aga sebetulnya cukup lega dengan terpilih nya Wang, dalam hal track record Wang memiliki standing point tinggi diantara para New Yorker designer lainnya, dalam hal desain pun, Wang juga tidak melulu menampilkan gaya yang sama dan dinamis. apakah gaya Wang yang versetaile bisa menjadi sebuah angin baru dari Balenciaga? atau malah sebaliknya malah menjadi sebuah bumerang dengan di cap "gampangan" karena atmosfear balenciaga yang sudah terlanjur lekat dengan para pecinta fashion, khususnya lini tersebut. Aga tidak sabar menantikannya di season selanjutanya drama baru Paris Pret-a-porter tahun depan. but BTW, Congratulation Mr. Wang :)  

No comments:

Post a Comment